Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Penulis

  • Azizah Fitriani Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Tati Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Fatmawati Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Rusliadi Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52496/identitas.v4i1.592

Kata Kunci:

Administrasi, kualitas pelayanan, administrasi kependudukan

Abstrak

Pemerintah desa adalah salah satu lembaga yang betugas dalam melayani kebutuhan masyarakat melalui pelayanan publik yang disediakan, pelayanan publik ialah kegiatan yang dilaksanakan oleh pemberi layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan perundang-undangan. Salah satu kegiatan pelayanan publik adalah administrasi kependudukan yang merupakan hal sangan penting karena selalu bersentuhan dengan bebagai kegiatan yang  ada di kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan masih belum berjalan efektif seluruhnya, masih terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat sebagai pengguna layanan.

Kata kunci : Administrasi, Administrasi Kependudukan, Kualitas Pelayanan

Biografi Penulis

Azizah Fitriani, Universitas Muhammadiyah Bandung

Mahasiswa

Tati, Universitas Muhammadiyah Bandung

Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Bandung

Fatmawati, Universitas Muhammadiyah Bandung

Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu

Rusliadi, Universitas Muhammadiyah Makassar

Ilmu Administrasi Negara, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-30