Adaptasi Manajemen Strategik Di Sektor Publik Dalam Konsep New Public Management Dan Reinventing Management

Penulis

  • Tati Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Mala Istadara Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Widhi Amelia
  • Bunga Sylvia Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52496/identitas.v3i2.498

Kata Kunci:

manajemen strategik, organisasi, sektor publik, reinventing, new public management

Abstrak

Ketidakpuasan dari masyarakat dalam pelayanan publik kepada organisasi sektor publik
menyebabkan kebutuhan sektor ini untuk segera direformasi. Opini negatif terhadap sektor publik membuat
asumsi bahwa sektor swasta dalam manajemen organisasi lebih baik daripada organisasi sektor publik, dan
di sisi lain menyebabkan pemikiran dari akademisi dan praktisi untuk mengadopsi pendekatan manajemen
sektor swasta. Salah satu pendekatan tersebut adalah manajemen strategis yang biasanya diterapkan di
lembaga sektor swasta. Ada beberapa adaptasi yang harus dipertimbangkan saat mengadopsi strategi
manajemen, mempertimbangkan perbedaan karakteristik antara publik dan organisasi sektor swasta. New
Public Management (Christopher Hood, 1991) dan Reinventing Goverment (David Osborne dan Ted
Gaebler, 1992) adalah dua konsep yang dipandang sebagai bentuk publik modernisasi atau reformasi
manajemen dan administrasi.
Kata Kunci : Managemen Strategik, Organisasi, Sektor Publik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-13

Cara Mengutip

Tati, Istadara, M., Amelia, W., & Sylvia, B. (2025). Adaptasi Manajemen Strategik Di Sektor Publik Dalam Konsep New Public Management Dan Reinventing Management. Jurnal Identitas, 3(2), 40–49. https://doi.org/10.52496/identitas.v3i2.498