IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING PASCA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS 5 SDN PERTIWI MAKASSAR

Penulis

  • Safaruddin Safaruddin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al Gazali Barru

DOI:

https://doi.org/10.52496/identitas.v3i1.316

Kata Kunci:

implementasi, model pembelajaran daring, SDN pertiwi makassar

Abstrak

Dalam proses pembelajaran secara daring ini memberikan banyak sekali dampak, mulai dari dampak positif hingga dampak negatif. Pembelajaran secara daring ini guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran sebaik dan sekreatif mungkin dalam memberikan suatu materi. Terutama dikalangan Sekolah Dasar karena proses pembelajaran daring tidaklah mudah. Dalam proses pembelajaran daring ini tidak hanya melibatkan guru dan siswa, melainkan orang tua juga dituntut untuk terlibat dalam proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran daring dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analitik deskriptif. Analisis data penelitian ini diperoleh dari proses pencarian dan penyusunan secara sistematis, data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran daring pasca pandemi pada kelas 5 dengan memanfaatkan beberapa jenis aplikasi. Selain itu faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu akhirnya siswa kurang antusias dalam memahami materi yang diberikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-02