Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.52496/identitas.v2i2.249Abstrak
Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/ atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Kelurahan merupakan salah satu organisasi publik yang memiliki tugas dalam penyelenggara pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di kantor Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan terdiri atas analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan regresi linier sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 104 orang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan hasil linier Y = 9,771+0,761X, dengan demikian budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Pasanggrahan. Besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik adalah 69,3%, sedangkan untuk sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan atau diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kualitas, Pelayanan Publik