MEDIA RELATIONS DAN HUMAS POLDA MALUKU UTARA DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIASAAN BARU (New Normal) PANDEMI COVID -19 DI KOTA TERNATE
Kata Kunci:
Humas Polda Maluku Utara, New NormalAbstrak
Tingkat kepercayaan masyarakat menurun sebab informasi yang awal di terima selalu beragam baik posif maupun negatif, sehinnga terjadi misinformasi antara pemerintah dan Masyarakat melalui media. Dalam hal ini untuk menjadikan fungsi media dengan pihak pemerintah Maluku Utara dalam menjalankan siatuasi New Normal atau kebiasaan baru, tentunya membutuhkan strategi media relations yang baik sehingga mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerinta melalui media. Untuk dapat mewujudkan persamaan persepsi melalui pemberitaan di media massa antar masyarakat dengan pemerintah tentunya membutuhkan strategi Komunikasi melalui Media Relations. yang menjadi fokus penulisan ini adalah “Bagaimana Strategi Media Relations Humas Polda Malut Dalam Menghadapi Kebiasaan Baru (New Normal) pada Pandemi Covid -19 di Kota Ternate”
Melalui pengamatan dilapangan mengenai kegiatan stratgeis yang dilakukan humas polda Mauku Utara dalam meberikan informasi dan menjalin kerjasama dengan media dalam menghadapi kebiasaan baru di Kota Ternate. Penulis menemukan beberapa hal penting yng dilakukan Humas Polda Malut dalam meberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat Kota Ternate dalam menghadapi kebiasaan baru pada masa Civid -19.
Humas Polda Malut selalu memebrikan informasi yang menjadi kebutuhan public dan tetntunya yang berhubungan dengan Covid-19 dan memasok naskah informasi yang baik. Naskah informasi dapat dibuat dalam bentuk artikel yang berupa opini atau pendapat tentang suatu permasalahan. Selalu berbagi kontak dan melalui pendekatan personal selalui dilakukan sebagai upaya agar selalu terjalin hubungan yang harmonis antar medi dengan pihak Polda melalui Humas.