Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Pelajaran IPA

Penulis

  • Ririn Suharsih Universitas Muhammadiyah Bandung

Kata Kunci:

Augmented Reality (AR), multimedia, analisis kebutuhan

Abstrak

Teknologi komunikasi yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah smartphone. Besarnya penggunaan smartphone oleh siswa, tentunya merupakan potensi besar untuk membangun sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif Augmented Reality (AR) berbasis mobile. Kebutuhan siswa berupa media pembelajaran interaktif yang belum cukup mereka temukan di sekolah, kemudahan akses dan fleksibilitas (bisa diakses kapan saja dan di mana saja) diharapkan dapat terpenuhi dengan aplikasi ini. Teknologi AR dapat membantu menjelaskan materi yang memerlukan visualisasi 3D seperti pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality. Analisis kebutuhan diperlukan untuk membantu analisis aplikasi dalam menentukan kebutuhan yang akan digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Terdapat 12 responden guru IPA dan 324 responden siswa SMAN 2 Cimahi yang mengisi kuesioner. Selanjutnya kuesioner dianalisis, hasil analisis didapat bahwa guru merasa kesulitan mendapatkan media pembelajaran AR. Sedangkan responden siswa setuju dengan adanya media pembelajaran berbasis AR. Artinya, media pembelajaran berbasis AR diperlukan dalam menambah variasi pada pembelajaran konvensional.

Referensi

M. Zulham and D. Sulisworo, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 2, pp. 132–141, 2017, doi: 10.26877/jp2f.v7i2.1308.

G. Kiryakova, N. Angelova, and L. Yordanova, “The Potential of Augmented Reality to Transform Education Into Smart Education,” TEM J., vol. 7, no. 3, pp. 556–565, 2018, doi: 10.18421/TEM73-11.

A. F. Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, “Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan,” J. Basiceduasicedu, vol. 5, no. 6, p. 6349_6356, 2021.

M. Arpan, R. Dedy, A. Budiman, and U. Verawardina, “Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer,” Edukasi J. Pendidik., vol. 16, no. 1, pp. 48–56, 2019, doi: 10.31571/edukasi.v16i1.834.

S. Gurjar, H. Somani, and A. Professor, “A Survey on Use of Augmented Reality in Education,” Int. J. Eng. Dev. Res., vol. 4, no. 1, pp. 2321–9939, 2016, [Online]. Available: www.ijedr.org.

K. Sari, P. R. Ningsih, W. Ramansyah, I. A. Siradjuddin, and M. K. Sophan, “Pengembangan Kompetensi Guru SMKN 1 Labang Bangkalan melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality dengan Metaverse,” Panrita Abdi, J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 52–59, 2020.

T. Yuliono, S. Sarwanto, and P. Rintayati, “The Promising Roles of Augmented Reality in Educational Setting: A Review of the Literature,” Int. J. Educ. Methodol., vol. 4, no. 3, pp. 125–132, 2018, doi: 10.12973/ijem.4.3.125.

M. F. Syahputra, F. Hardywantara, B. Afandi, I. Kustiawan, and N. D. Herman, “The Use of Augmented Reality Technology for Primary School Education in Perlis , Malaysia The Use of Augmented Reality Technology for Primary School Education in Perlis , Malaysia,” 2018.

C. Lytridis and A. Tsinakos, “Evaluation of the ARTutor augmented reality educational platform in tertiary education,” Smart Learn. Environ., vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.1186/s40561-018-0058-x.

J. Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, R. Anita Azmi, K. Rukun, H. Maksum, P. Studi Magister Teknologi, and F. Teknik, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan,” Jipp, vol. 4, no. 2, pp. 303–314, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840.

R. Suharsih, R. Febriani, and S. Triputra, “Usability of Jawara Sains Mobile Learning Application Using System Usability Scale (SUS),” J. Online Inform., vol. 6, no. 1, p. 41, 2021, doi: 10.15575/join.v6i1.700.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-12-20

Cara Mengutip

[1]
R. Suharsih, “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Pelajaran IPA”, JSTE, vol. 3, no. 2, hlm. 76–82, Des 2022.

Terbitan

Bagian

Artikel