PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA WEDDING PHOTOGRAPHY NESNUMOTO BANDUNG
Kata Kunci:
Media Komunikasi Pemasaran, Pemanfaatan Instagram, Wedding PhotographyAbstrak
Di era komunikasi digital banyak fotografer dan videografer baru bermunculan meramaikan industri wedding photography, persaingan ketat di antara vendor mengharuskan memiliki cara-cara komunikasi pemasaran untuk membedakan dirinya dengan yang lain. Hal ini lah yang melatarbelakangi penelitian ini dengan tema Pemanfaatan Instagram sebagai Komunikasi Pemasaran pada Wedding Photography Nesnumoto Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor yang melatarbelakangi fotografer dan videografer dalam memanfaatkan instagram, mengetahui strategi komunikasi pemasaran fotografer dan videografer, dan penyusunan konsep karya foto atau video yang ditampilkan di instagram. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara langsung, serta analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para fotografer dan videografer memanfaatkan instagram sebagai media komunikasi pemasaran dengan menjadikannya sebagai tempat sharing karya dan tempat portofolio, kemudian fotografer dan videografer menjadikan karya sebagai alat untuk memasarkan diri dan keahliannya. Selain itu, para fotografer dan videografer memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk mempermudah pemasarannya.