PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR K-POP DI KOTA BANDUNG

STUDI DRAMATURGI MENGENAI PERILAKU KOMUNIKASI ARMY DI KOTA BANDUNG SEBAGAI PENGGEMAR BOYGROUP BTS

Penulis

  • Oki Achmad Ismail Telkom University
  • Ratna Sri Haryati Universitas Komputer Indonesia

Kata Kunci:

Perilaku Komunikasi, Dramaturgi, Penggemar K-Pop, Army

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan secara lebih mendalam bagaimana perilaku komunikasi Army di Kota Bandung sebagai penggemar boygroup BTS. Untuk menjawab masalah tersebut, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut: panggung depan, panggung tengah, dan panggung belakang.

Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi dramaturgi, subjek penelitiannya adalah penggemar boygroup BTS. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Peneliti mewawancarai 3 (tiga) orang informan kunci dan 2 (dua) orang informan pendukung. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi.

Hasil penelitian ini adalah ketika wilayah panggung depan, yaitu ketika para Army berkumpul, Army berusaha menampilkan sosok sebagai penggemar BTS lengkap dengan atributnya. Di wilayah panggung tengah segala perlengkapan Army dipersiapkan. Di area panggung belakang seorang Army cenderung menunjukkan sifat aslinya, kontras dari isifat ketika mereka berada di panggung depan.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan perilaku Army ketika berada di panggung depan dan panggung belakang. Perbedaan tersebut terlihat dari gaya pakaian, gerak-gerik dan gaya bahasa yang digunakan oleh Army tersebut, dan persiapan mereka ketika berada di panggung tengah untuk menuju ke panggung depan.

Saran untuk Army Bandung untuk tetap menjada sikap dan kesopanan dimanapun berada dan tidak meninggalkan atau melupakan kebudayaan daerah sendiri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-21

Cara Mengutip

Ismail, O. A., & Haryati, R. S. . (2021). PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR K-POP DI KOTA BANDUNG: STUDI DRAMATURGI MENGENAI PERILAKU KOMUNIKASI ARMY DI KOTA BANDUNG SEBAGAI PENGGEMAR BOYGROUP BTS. Jurnal Beja, 1(1), 24–39. Diambil dari https://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/beja/article/view/72

Terbitan

Bagian

Artikel