META ANALISIS: EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI KOMUNIKASI DAKWAH ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.52496/rasi.v4i1.229Kata Kunci:
efektivitas media, komunikasi, dakwahAbstrak
Latar belakang dari meta analisis ini yaitu karena sudah saatnya dakwah memasuki ranah digital salah satunya sosial media agar komunikasi dakwah yang disampaikan bisa terbilang efektif. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai efektivitas dari penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi dakwah islam. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode meta analisis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dinilai efektif dalam menyampaikan informasi-informasi keislaman atau berdakwah di era digital, hal ini terlihat dari banyaknya pengikut pada akun-akun yang mempunyai konten dakwah, kemudian dilihat dari yang menyukai konten tersebut serta dilihat dari aktivitas orang membagikan ulang kembali konten tersebut agar semakin banyak orang yang mengetahui pesan-pesan islam yang disampaikan.