GAMBARAN KOGNITIF PADA SISWA YANG MENGALAMI LAMBAT BELAJAR (SLOW LEARNER)

Penulis

  • Anggi Anggraeni Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52496/rasi.v3i1.116

Kata Kunci:

Kognitif, Lambat belajar, Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kognitif pada siswa yang mengalami lambat belajar (slow learner) di salah satu Sekolah Dasar di Desa Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Subjek merupakan seorang anak kelas 2 Sekolah Dasar berusia 8 tahun 10 bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi seperti buku catatan dan hasil ulangan harian. Selain itu dilakukan juga pengetesan dengan menggunakan alat tes kecerdasan WISC. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan subjek berada dibawah rata-rata/dull normal jika dibandingkan dengan anak seusianya (Verbal IQ=71, Performance IQ=96, Full IQ=81 dengan menggunakan skala Wechsler

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-04-22

Cara Mengutip

Anggraeni, A. (2021). GAMBARAN KOGNITIF PADA SISWA YANG MENGALAMI LAMBAT BELAJAR (SLOW LEARNER). Jurnal RASI, 3(1). https://doi.org/10.52496/rasi.v3i1.116

Terbitan

Bagian

Artikel