Analisis Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Masyarakat Tentang Kehalalan Sediaan Sunscreen Yang Mengandung Oxybenzone Di Kecamatan Rancasari

Penulis

  • Wahyuni Indah Febrianti Mahasiswa

Kata Kunci:

Kehalalan, Oxybenzone, Sikap Masyarakat, Sunscreen, Tingkat Pengetahuan

Abstrak

Halal adalah suatu produk atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan sesuai dengan syari’at Islam. Sunscreen merupakan produk kosmetik yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi sinar matahari. Terdapat sunscreen yang memiliki kandungan oxybenzone yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat Kecamatan Rancasari tentang kehalalan sediaan sunscreen yang mengandung oxybenzone. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Rancasari dengan menggunakan metode kuantitatif pengolahan data primer hasil penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden laki-laki dan perempuan melalui progam SPSS pearson product moment. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data pada SPSS menunjukkan tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat Kecamatan Rancasari termasuk dalam kategori baik yaitu tingkat pengetahuan sebesar 60% responden dan sikap masyarakat sebesar 64%  respoden termasuk ke dalam kategori tersebut. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan dan berarah positif antara tingkat pengetahuan terhadap sikap dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003 dan pearson correlation 0,267 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,088.

Referensi

N. H. Endah, “Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen Indonesia,” Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, vol. 22, pp. 11-25, 2014.

MUI, “Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya,” Fatwa MUI, 2013.

UURI, “Undang – Undang Republik Indonesia No. 68 Tahun 1958 Tentang Persetujuan Konpensi Hak-Hak Politik Kaum Wanita,” Undang – Undang Republik Indonesia, 2014.

P. Minerva, “Penggunaan Tabir Surya Bagi Kesehatan Kulit,” Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 2019.

S. Gabros, T. A. Nessel dan P. M. Zito., “Sunscreens And Photoprotection,” ncbi, 2021.

Teni dan A. Yudianto, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 1, 2021.

S. K. Dewi dan A. Sudaryanto, “Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan , sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah,” Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP), 2020.

C. M. Bella dan Y. Artanti, “Sebuah Studi Pada Wanita Bekerja: Pengaruh Motivational Factors, Purchase Preferences, dan Tendency Towards Health Consciousness Terhadap Purchase Intention Green Cosmetics,” Jurnal Ilmu Manajemen , vol. 9, no. 2, 2021.

A. B. Sembiring, “Konstruksi Makna Perawatan Diri Sebagai Identitas Neo-maskulin Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung,” Jurnal Unikom, 2019.

E. Asmiati, R. N. Atmadani, F. D. Damayanti dan R. A. Setiawan, “Edukasi Pentingnya Penggunaan Sunscreen pada Kalangan Remaja di SMA Islam Sabilillah Malang,” Jurnal Pengabdian UNDIKMA, vol. 2, no. 2, pp. 189-194, 2021.

T. Novitasari, S. Prajitno dan D. M. Indramaya, “Behavior of Sunscreen Usage Among Medical Students,” OriginalArticle, vol. 32, no. 3, 2020.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Khairunnisa, R. Sofia dan S. Magfirah, “Hubungan Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa,” Jurnal Averrous, vol. 6, no. 1, pp. 1-14, 2021.

O. K. Ar-Rasily dan P. K. Dewi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Kelainan Genetik Penyebab Disabilitas Intelektual Di Kota Semarang,” Jurnal Kedokteran Diponegoro, vol. 5, no. 4, 2016.

P. Carolina, M. Carolina dan R. M. Lestari, “Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sumber Informasi Dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Keluarga Di Wilayah Kerja Pustu Pahandut Seberang Kota Palangka Raya Tahun 2016,” Enviroscienteae, vol. 12, no. 3, 2016.

W. R. Safitri, “Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk Di Kota Surabaya Pada Tahun 2012 - 2014,” 05 September 2016. [Online]. Available: https://core.ac.uk/display/233837344?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1. [Diakses 04 Juli 2022].

Djazari, D. Rahmawati dan M. A. Nugroho, “Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing dan Knowledge Self-efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY,” Jurnal Nominal, vol. 2, no. 2, 2013.

Z. D. Nabila, “Pengaruh Kewajiban Moral dan Lingkungan Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha,” Jurnal Nominal, vol. 3, no. 1, 2019.

Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,", 2 ed. City of Publisher, Bandung: Alfabeta, 2021.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-04-26

Cara Mengutip

[1]
W. I. Febrianti, “Analisis Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Masyarakat Tentang Kehalalan Sediaan Sunscreen Yang Mengandung Oxybenzone Di Kecamatan Rancasari”, JSTE, vol. 4, no. 1, hlm. 1–9, Apr 2023.

Terbitan

Bagian

Artikel

Deprecated: Function get_magic_quotes_runtime() is deprecated in /var/www/html/ejournal/lib/pkp/lib/vendor/adodb/adodb-php/adodb.inc.php on line 2067

Deprecated: Function get_magic_quotes_runtime() is deprecated in /var/www/html/ejournal/lib/pkp/lib/vendor/adodb/adodb-php/adodb.inc.php on line 2067

Deprecated: Function get_magic_quotes_runtime() is deprecated in /var/www/html/ejournal/lib/pkp/lib/vendor/adodb/adodb-php/adodb.inc.php on line 2067

Deprecated: Function get_magic_quotes_runtime() is deprecated in /var/www/html/ejournal/lib/pkp/lib/vendor/adodb/adodb-php/adodb.inc.php on line 2067