Exploring Strategic Communication: A Theoretical Framework or Paradigm in Communication Study
DOI:
https://doi.org/10.52496/bayaniV.4I.2pp191-211Kata Kunci:
komunikasi strategis, kerangka teori, paradigma, strategi komunikasiAbstrak
Perdebatan yang terus berlanjut seputar klasifikasi komunikasi strategis sebagai kerangka teori atau paradigma interdisipliner sangat penting bagi bidang studi komunikasi. Makalah penelitian ini akan mengkaji bagaimana komunikasi strategis menyatukan berbagai disiplin ilmu untuk menentukan apakah komunikasi strategis merupakan pergeseran paradigmatik dalam fondasi teoretis atau tetap merupakan kerangka kerja pragmatis tentang bagaimana strategi komunikasi menyatu dengan tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berbasis literatur yang melakukan analisis tematik di seluruh kontribusi utama untuk memahami sudut pandang yang ada. Hasilnya menjelaskan dua sudut pandang yang berbeda: Ada yang berpendapat bahwa komunikasi strategis berfungsi sebagai sebuah paradigma, yaitu paradigma yang memahami kembali peran yang seharusnya dimainkan oleh komunikasi dalam pengembangan inisiatif strategis, sementara yang lain berpendapat bahwa komunikasi strategis merupakan sebuah pendekatan untuk mengawasi proses-proses seperti manajemen hubungan dengan pemangku kepentingan dan manajemen krisis. Pada akhirnya, penelitian ini berpendapat bahwa sifat dualistik komunikasi strategis sebagai sebuah paradigma dan juga sebagai sebuah kerangka kerja berguna dalam dua hal: pertama, dari sudut pandang yang lebih praktis, dalam hal membantu memahami bagaimana bermanuver melalui kompleksitas yang ada di lingkungan organisasi kontemporer, yang telah diintensifkan oleh dampak transformasi digital dan perubahan ekspektasi para pemangku kepentingan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bayani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.