Penawaran Ekspor dan Permintaan Impor Lada Indonesia di Pasar Internasional
DOI:
https://doi.org/10.52496/rasi.v1i2.49Kata Kunci:
lada, penawaran ekspor, pasar internasionalAbstrak
Studi ini mempelajari mengenai penawaran ekspor lada Indonesia di pasar Internasional. Bagi Indonesia sebagai negara produsen dan pengekspor utama lada didunia, guna mempertahankan bahkan meningkatkan peranan lada sebagai sumber devisa dan sumber kesempatan kerja mutlak diperlukan berbagai kebijaksanaan untuk meningkatkan volume dan pangsa pasar yang ada, karena penurunan pangsa pasar yang terjadi saat ini akan mengganggu perekonomian dalam negeri khususnya untuk daerah-daerah sentra produksi lada, dimana sekitar 1,62 juta jiwa yang 30-80 persen pendapatannya berasal dari usaha tani lada. Tujuan utama dari studi ini adalah: 1) menganalisis penawaran ekspor lada Indonesia ke Amerika Serikat, Jerman, Belanda dan Singapura; 2) menganalisis penawaran ekspor lada dari Vietnam dan Brazil; Analisis penawaran ini menggunakan persamaan simultan. Hasil analisis menunjukkan bahwa:1) penawaran ekspor lada Indonesia ke Amerika Serikat dan Belanda responsif terhadap produksi dan volume re-ekspor Singapura. Jerman dipengaruhi oleh nilai tukar dan volume re-ekspor Singapura,2) penawaran ekspor lada Vietnam dan Brazil dipengaruhi oleh produksi.