Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Bratwurst (Survey pada Konsumen Sosis Bratwurst di PT. Badranaya)
DOI:
https://doi.org/10.52496/rasi.v1i2.35Kata Kunci:
sosis bratwurst, preferensi konsumen, keputusan pembelian, Analytic Hierarchy Process (AHP)Abstrak
Pergeseran pola konsumsi masyarakat Indonesia merupakan contoh konkret pengaruh perkembangan jaman. Produk makanan yang serba instant dan cepat penyajiannya semakin banyak beredar dipasaran. Manajemen badranaya berkeinginan untuk memproduksi varian sosis yang harganya murah namun tidak banyak menggunakan berbagai bahan aditif pangan. Produk sosis bratwurst low meat yang diproduksi Pt. Badranaya Putra saat ini sudah mulai dipasarkan di berbagai pasar tradisional. Launching produk sosis bratwurst ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Analisis preferensi konsumen perlu dilaksanakan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sosis bratwurst produksi PT. Badranaya Putra.
Proses pengolahan data untuk penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process(AHP). Hasil analisis kriteria preferensi konsumen, harga menjadi prioritas pertama dengan bobot 25,9%. Prioritas kedua adalah rasa dengan bobot 15.9%. Jumlah sosis perbungkus menjadi prioritas ketiga dengan bobot 15%. Prioritas keempat adalah informasi kedaluarsa dengan bobot 12.2%. Prioritas kelima adalah merek produk dengan bobot 8.8%. Prioritas keenam yaitu izin produksi dengan bobot 7.8%. Jenis casing menjadi prioritas ketujuh dengan bobot 7.6% dan prioritas ke delapan adalah warna kemasan dengan bobot 6.8%.