PENGGUNAAN LABEL SERTIFIKASI HALAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM INDUSTRI PANGAN

Penulis

  • resa sapitri 08989679151
  • Lina Marlina Universitas Muhammadiyah Bandung
  • umi soleha Universitas Muhammadiyah Bandung

Kata Kunci:

Sertifikasi Halal, Industri Pangan, Komunikasi Pemasaran, halal

Abstrak

Industri Pangan di Indonesia merupakan sektor yang sedang gentar-gentarnya dikembangkan oleh pemerintah. Industri pangan di Indonesia sudah terbagi menjadi banyak variasi dan inovasi yang tentunya setiap daerahnya berbeda-beda. Walaupun sudah banyak berbeda tetapi setiap industry tetap harus memperhatikan kehalalan setiap produknya, salah satu jaminan agar setiap produk yang diperjualbelikan sudah halal adalah dengan cara memiliki sertifikat halal. Dengan memiliki sertifikat halal sendiri selain produk yang dipasarkan sudah terjamin higienis, aman, dan tidak membahayakan, dapat juga menjadi keunggulan dalam aspek pemasaran dan menjadi pembeda dengan para pesain apalagi sama-sama memiliki target konsumen umat muslim. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka, dengan sumber data didapatkan dengan metode sampling studi kasus yang ada di desa Sukanagara, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Luaran dari penelitian ini yaitu hasil kegiatan sosialisasi dan bantuan pendampingan dan penerbitan dalam mendaftarkan sertifikat halal. Dengan dilaksanakan kegiatan tersebut diharapkan industri pangan yang tersebar di desa sukanagara dapat menjadi lebih paham dan sadar akan pentingnya sertifikat halal ini dalam kemajuan usaha mereka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-24

Terbitan

Bagian

Artikel