PEMBERDAYAAN UMKM DI DESA KUTAWARINGIN DALAM UPAYA PERLUASAN TARGET PASAR

Penulis

  • Vina Yuliasih Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Latifah Universitas Muhammadiyah Bandung

Kata Kunci:

Jurnal, Pemberdayaan, UMKM, Kutawaringin, KKN

Abstrak

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor yang vital dalam perekonomian global, termasuk di Indonesia. Meskipun jumlah UMKM terus bertambah, banyak dari mereka masih menghadapi tantangan serius dalam hal akses terhadap modal, teknologi, dan pasar yang luas. Terbatasnya akses ini menghambat potensi pertumbuhan UMKM dan mendorong ketidaksetaraan ekonomi. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memegang peran penting dalam menggerakkan perekonomian suatu negara, terutama di tingkat lokal seperti di Desa. Perkembangan ekonomi dan daya saing UMKM menjadi krusial dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Salah satu strategi vital dalam meningkatkan daya saing UMKM adalah melalui perluasan target pasar. Namun dalam proses pemasaran produknya pemilik UMKM hanya melakukan pemasaran secara konvensional seperti berkeliling menjajakan produknya ataupun menerima pesanan dari pihak tertentu. Selain itu ada beberapa faktor lain yang menyebabkan UMKM di Desa Kutawaringin sulit untuk berkembang beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya Sumber daya manusia dalam proses pengolahan produk.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-26